Cara Menambah Follower Aktif di Instagram

Saat ini orang dapat mengekpresikan diri dengan berbagai macam cara salah satunya adalah melalui social media seperti Facebook, twitter, instagram, path, dan lain sebagainya. Bahkan platform social media saat bukan sekedar tempat untuk mengekspresikan diri namun juga sebagai tempat untuk menunjung promosi bisnis.

Platform media sosial yang saat ini kerap digunakan sebagai ajang promosi bisnis adalah Instagram dan Facebook namun konon katanya pengguna Instagram adalah para calon pelanggan yang punya kekuatan finansial lebih ketimbang pengguna Facebook.

Jika di Facebook kita dapat mempromosikan menggunakan Facebook page dan iklan lebih pada tujuan mendapatkan penjualan, sementara di instagram promosi kita juga dapat menggunakan iklan namun tujuan utamanya lebih kepada branding baru setelah itu efek penjualan akan mengikuti.

Apa kunci sukses berpromosi di Instagram?

Kunci sukses dalam promosi di instagram adalah memiliki follower aktif dan tertarget dalam jumlah yang banyak. Karena semakin banyak jumlah follower yang kita miliki maka akan semakin banyak pula yang melihat konten instagram kita.

Jumlah follower ini bukan sekedar banyak ya tapi juga harus aktif sehingga dapat terjadi interaksi antara kita dengan jumlah follower kita. Dengan semakin tingginya interaksi yang terjadi antar follower kita terhadap konten yang kita pasang di Instagram maka peringkat konten kita akan semakin mudah ditemukan oleh orang-orang yang belum menjadi follower atau istilahnya viral.

Bagaimana meningkatkan jumlah follower aktif dan tertarget ?

Ada beragam cara dalam meningkatkan jumlah follower instagram kita salah satunya adalah dengan membeli follower. Ya anda tidak salah dengar, anda dapat membeli follower namun hal ini tidak disarankan karena rata-rata follower yang didapat bukanlah akun yang aktif melainkan akun palsu sehingga tidak akan ada interkasi yang terjadi.

Kalau pun akun tersebut bukan robot mereka tetap bukan masuk kategori target market anda sehingga promosi yang anda lakukan juga akan sia sia. Karena jelas mereka tidak akan tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Lalu bagaimana caranya yang benar?

1. Perbanyak Konten

Dalam digital marketing ada istilah “content is a king” dan istilah ini memang benar adanya dari sebelum era social media sampai sekarang konten adalah salah satu yang menentukan apakah blog anda, atau akun social anda layak untuk di ikuti.

Dengan menyuguhkan konten yang menarik orang akan cendurung mengikuti anda untuk mengetahui apa lagi yang akan anda suguhkan. seperti contohnya adalah @Zachking ini adalah salah satu pengguna Instagram dengan jumlah follower mencapai 2jt orang.

Dia selalu menyuguhkan konten yang menarik berupa video-video pendek dengan trick kamera sehingga seolah-olah dia sedang melakukan sulap. Efeknya adalah dia banyak di sewa oleh brand terkenal untuk mempromosikan produk atau mengkomunikasikan brand mereka seperti VW, McDonald, Tic Tac, bahkan Xiaomi dan masih banyak lagi.

Konten di Instragram ini bisa berupa foto atau pun Video, salah satu konten yang mudah adalah konten foto dengan quote atau dengan kata-kata mutiara dan ditambah dengan caption instagram yang menarik sehingga audience anda betah dengan konten anda.

Intinya untuk menghasilkan konten yang berkualitas dibutuhkan kreativitas yang tinggi dan ini dapat diasah dengan seringnya membuat konten dan mencari referensi dari sumber-sumber lain.

2. Gunakan Hashtag

Jangan lupa menyertakan hashtag dalam setiap postingan, karena ketika seseorang mencari sesuatu di Instagram secara otomatis Instagram akan merekomendasikan hashtag-hashtag yang banyak dicari oleh orang atau istilahnya hashtag populer.

Untuk setiap postingan maksimal menggunakan 15 hashtag lebih dari itu biasanya akan terkena penalti oleh instagram. Selain itu hasil pencarian hashtag akan menampilkan dua kategori yaitu Top Post (Postingan terpopuler) dan Most Recent (Postingan Terbaru).

Top post itu berdasarkan jumlah interaksi yang terjadi sepeti jumlah like dan komen. sementara most recent adalah postingan terbaru dengan hashtag tersebut. Most recent ini akan berganti seiring datangnya postingan baru dengan hashtag tersebut.

Intinya adalah dengan menggunakan hashtag maka kemungkinan postingan anda akan ditemukan semakin besar, dan jika postingan anda dianggap menarik biasanya orang yang mencari juga akan mengikuti akun instagram anda.