Cara Merawat Pernak-Pernik Hiasan Rumah Dari Kuningan

Kuningan adalah paduan seng, tembaga, dan kadang-kadang logam jenis lain. Kuningan adalah material yang telah digunakan oleh masyarakat peradaban kuno dan zaman modern karena ketahanan, keanggunan, dan ketertempaannya.

Jika anda memiliki beberapa pernak-pernik hiasan rumah yang terbuat dari kerajinan kuningan Entah itu untuk dipakai sehari-hari atau hanya menjadi pajangan, perkakas berbahan kuningan atau tembaga, mulai panci hingga cangkir, perhiasan hingga gesper ikat pinggang, dan koin hingga tempat lilin memiliki nilai seni dan nilai jual tersendiri.

Namun, kotoran dan lapisan minyak bisa menumpuk pada permukaan kuningan, dan lama kelamaan bisa memudarkan warnanya, maka anda perlu menyimak tips berikut agar hiasan rumah anda tetap terlihat bagus dan bernilai tinggi. Salah satu yang penting adalah bagaimana cara merawatnya sehingga kesan antik dan berkilau dari kerajinan tersebut tetap terjaga.

Sebelum melakukan perawatan yang perlu anda pastikan terlebih dahulu apakah hiasan rumah tersebut terbuat dari kuningan sepenuhnya atau sepuhan kuningan. Cara mengetahuinya cukup mudah dengan menggunakan magnet.

Apabila magnet tersebut menempel ke barangnya, maka kemungkinan besar barang tersebut hanya dilapisi kuningan. Maka Cukup gunakan air dan sabun cuci piring cair yang berkualitas, seperti Sunlight, untuk membersihkan barang-barang berlapis kuningan.

Namun apabila magnet tersebut tidak menempel maka barang tersebut memang terbuat dari kuningan asli. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkannya.

Cara membersihkan kuningan

Kuningan terbuat dari tembaga dan seng. Bahan ini dipakai untuk membuat berbagai macam benda, mulai dari gagang pintu hingga alat musik. Berikut ini informasi tentang cara membersihkan logam kuningan:

  • Cobalah mencuci kuningan dengan cairan pembersih atau air hangat. Jangan gosok terlalu keras karena dapat menggores permukaan kuningan.
  • Seperti tembaga, kuningan akan bereaksi pada saus tomat! Gunakan saus tomat pada kuningan, lalu bilas setelah dibiarkan selama paling sedikit satu jam. Anda akan melihat suatu perubahan.
  • Anda juga dapat menggunakan jeruk lemon dan garam untuk membersihkan tembaga. Cukup bubuhkan garam (sebaiknya garam laut) ke atas belahan setengah jeruk lemon, lalu gosokkan pada permukaan kuningan! Selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.
  • Untuk membuatnya berkilau, gosok logam kuningan dengan campuran tepung terigu, garam, dan cuka, lalu poles menggunakan kain lembut bersih.
  • Anda juga dapat memolesnya menggunakan kertas koran yang telah diremas-remas menjadi bola kecil. Metode ini sudah dipakai sejak zaman nenek moyang kita untuk membersihkan jendela.
  • Jangan menggunakan produk yang keras atau kesat saat membersihkan kuningan karena dapat merusak permukaannya.
  • Banyak produk pembersih khusus kuningan dijual di toko. Kalau Anda memutuskan menggunakan produk ini, pastikan Anda mengikuti petunjuk pada labelnya.