Jangan Salah Memilih Cat Warna Dinding Rumah Anda

Rumah bukan hanya sekedar dari tampilan desain saja, namun pemilihan cat dinding juga perlu diperhatikan karena warna cat rumah adalah salah satu elemen penting dalam penataan rumah anda, karena suasana rumah akan dibangun berdasarkan warna cat yang kita pilih untuk setiap ruangan. 

Warna dipercayai dapat memancarkan energi yang mempengaruhi mood dan aktivitas manusia. Oleh sebab itu pemilihan warna cat dinding maupun furniture didalamnya sangat lah penting. 

Contohnya pemilihan cat untuk kamar tidur akan dapat berpengaruh pada kinerja, karena Kamar tidur adalah tempat pertama dan terakhir yang kita gunakan sehari-hari untuk beristirahat dan bersiap-siap mengawali aktivitas. Maka pemilihan warna cat dinding yang tepat di kamar tidur dapat membantu Anda bersemangat untuk menyambut hari. 

Tidak hanya kamar tidur, pemilihan warna di ruang keluarga juga akan menentukan suasana yang ingin dihadirkan ketika berkumpul. 

Berikut beberapa tips yang anda dapat gunakan untuk memilih warna cat pada setiap ruangan anda.

1. Sesuai dengan Karakter Anda

Setiap warna memiliki arti dan efek psikologis yang penting diperhatikan, sehingga pemilihan warna dan motif harus tepat.pemilihan warna-warna ini adalah cerminan kepribadian anda atau warna kesukaan Anda sekeluarga.

Memilih warna cat dinding ataupun wallpaper bisa jadi kegiatan yang seru dilakukan sekeluarga, pasangan ataupun anak anda bisa ikut memberikan pendapat terutama mengenai ruang-ruang publik seperti ruang tamu maupun ruang makan. Dan mereka juga bisa memberikan pendapat untuk area private mereka masing2. Hendaknya meski setiap orang bisa berpendapat, disepakati dulu tema yang sama untuk keseluruhan rumah, sehingga setiap ruangan akan tetap menyatu.

2. Jenis Ruangan

Selain memilih cat dinding berdasarkan warna kesukaan, penting juga untuk menentukan konsep ruangan yang Anda inginkan, apakah ruangannya ingin terasa cerah atau tenang atau formal. Ruangan formal biasanya cenderung menggunakan warna-warna akromatik.

Warna akromatik adalah kombinasi antara warna yang gelap dan terang, seperti hitam, putih, atau abu-abu. Biasanya warna ini dipakai area foyer atau area servis.

Untuk kamar anak, gunakan warna cerah dan motif yang lucu, karena secara psikologis mampu menambah keceriaan si buah hati. 

3. Sesuaikan antara Dinding dan Furnitur

Pilihlah wallpaper dan warna cat yang tidak bertabrakan dengan furnitur dan aksesori interior.

Jika rumah anda  memiliki furnitur dengan motif yang ramai, sebaiknya motif dan warna wallpaper lebih lembut atau netral atau menggunakan cat dinding yang polos. 

Terutama untuk ruangan kecil, hindari motif ramai dan cat berwarna gelap karena akan membuat ruangan semakin terasa sempit.

4. Efek Cahaya matahari

Posisi rumah berkaitan dengan arah mata angin juga perlu diperhatikan. Terkadang ada area yang sama sekali tidak tersentuh oleh cahaya matahari langsung.

Untuk area yang tidak terkena cahaya matahari langsung anda dapat memilih wallpaper dan cat dinding yang cerah agar ruangan terasa terang dan luas. 

Kamar dengan lampu berwarna warm light sering kali memberikan efek warna yang berbeda pada dinding, jadi terkadang warna dinding sering kali berubah. Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi desain rumah dan desain interior untuk rumah anda silahkan kunjungi di polarumah.com