Liburan ke Jogja? Wajib Cobain Kuliner Khas Berikut ini

Jogjakarta sebagai salah satu destinasi wisatawan dalam dan luar negeri memiliki banyak keistimewaan, selain budaya, dan banyaknya spot wisata salah satu yang menjadi daya tarik khusus adalah kuliner khas jogja. Apabila anda dan keluarga hendak merencanakan liburan ke jogja, namun masih bingung untuk mengatur tujuan wisata, hotel, transportasi dan sebagainya. Ada baiknya anda menggunakan jasa tour dan travel, yang menawarkan paket wisata jogja. Sehingga liburan anda akan lebih menyenangkan.

Ketika berlibur ke jogja salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi kuliner khas jogja yang legendaris. Kuliner khas jogja terkenal dari segi rasa yang otentik dan harga nya yang ramah di kantong, ada begitu banyak spot kuliner jogja yang legendaris, baik berupa restoran maupun streetfood, berikut ini beberapa streetfood atau makanan jalanan yang legendaris di jogjakarta.

SATE KLATHAK

Sate mungkin makanan yang dapat anda temukan di setiap kota, namun sate klathak ini memiliki keunikan tersendiri, sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda ini memiliki rasa yang enak, empuk dan tidak bau prengus khas kambing. Bumbunya yang sederhana yaitu merica, garam, dan kecap justru menjadikan rasa sate klatak ini menjadi istimewa. 

Ada dua tempat sate klatak yang terkenal di jogjakarta, sate klatak pak pong yang terletak di jalan imogiri bantul jogjakarta, dan sate klatak pak bari yang terletak di pasar wonokromo bantul jogjakarta.

GUDEG

Siapa yang tak kenal masakan khas jogja yang satu ini, wajib sekali makan kuliner khas jogja ini kalau anda berlibur ke kota pelajar. Tak lengkap rasanya ke jogja kalau belum makan gudeg, namun kalau anda bingung makan gudeg dimana yang enak dan legendaris. Anda dapat mampir ke dua tempat ini. 

Gudeg mbah lindu sosrowijayan, kalau anda sedang berjalan-jalan di malioboro dan ingin makan siang sepiring gudeg yang nikmat maka anda bisa mampir di Jalan Sosrowijayan. Gudeg legendaris ini merupakan racikan Mbah Lindu yang kini berusia hampir 100 tahun yang sudah berjualan sejak ia remaja! Jangan heran kalau antreannya nggak habis-habis. 

Gudeg Pawon, seperti namanya pawon, keunikan gudeg ini anda akan langsung dilayani dari dapur, meskipun tempatnya sederhana namun rasanya tidak bisa diremehkan karena lezat sekali. Gudeg pawon ini hanya buka di malam hari dan hanya 3 jam saja. Jika anda berniat untuk mencoba kuliner satu ini datanglah sebelum buka, karena antriannya sangat panjang. 

ANGKRINGAN LIK MAN

Merupakan salah satu angkringan pertama di jogjakarta, yang sudah berdiri sejak 1969, angkringan lik man ini salah satu tempat nongkrong yang paling hitz di jogjakarta. 

Untuk menu nya sendiri khas angkringan dimana anda bisa mendapatkan sego kucing, aneka gorengan, sate telur puyuh dan masih banyak lagi. Namun yang menjadikan angkringan ini istimewa adalah kopi joss.

Kopi hitam yang dimasukkan bara panas merah, sehingga ketika dimasukkan akan berbunyi josss… konon arang ini dapat menetralisir kafein yang terdapat didalam kopi sehingga aman untuk pencernaan anda.