Mengatasi Ketombe Membandel Dengan Cara Herbal

Kalau kamu sudah mencoba berbagai macam merk shampoo dan obat ketombe ternyata ketombemu tetap membandel, hilang dan datang lagi.. Hilang dan datang lagi, mungkin kamu perlu mencoba alternatif cara herbal untuk mengatasi ketombe.

Namun sebelumya terlebih dahulu kamu perlu mengetahui penyebab ketombe mu.
Ketombe dapat muncul akibat beberapa penyebab berikut:

  • Kulit iritasi dan berminyak atau yang biasa disebut dermatitis seboroik. Hal ini merupakan salah satu penyebab ketombe yang paling sering terjadi. ditandai dengan munculnya kulit merah dan berminyak yang ditutupi oleh sisik putih atau kuning.
  • Jarang membersihkan rambut (keramas). Jika Anda tidak teratur membersihkan rambut Anda, maka minyak dan sel-sel kulit pada kulit kepala Anda akan terangkat, sehingga menyebabkan ketombe.
  • Jamur (malassezia). Jamur Malassezia bisa tinggal pada kulit kepala kebanyakan orang dewasa. Beberapa menyebabkan kulit kepala iritasi kemudian mengakibatkan banyak sel-sel kulit yang tumbuh. Kelebihan sel yang tersisa akan mati dan menjadi ketombe.
  • Sensitif terhadap produk tertentu. Alergi atau sensitiv terhadap bahan tertentu yang terkandung dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut dapat menyebabkan kulit kepala merah, gatal, dan bersisik.
Setelah mengetahui penyebab ketombe pada rambut anda, beberapa treatment herbal ini bisa dicoba untuk membantu menghilangkannya.

1. Lidah Buaya

Menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya sudah dibuktikan keampuhannya. Hal ini karena kandungan dalam lidah buaya sangat baik untuk menyehatkan dan memberikan nutrisi pada rambut. 

Cara penggunaannya untuk mengatasi ketombe dapat dibilang sangat mudah. kamu hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya lalu ratakan pada seluruh permukaan kulit kepala secara perlahan. Pijat lalu diamkan selama setengah jam dan bilas.

2. Minyak Zaitun dan Minyak Kemiri

Minyak kemiri dan minyak zaitun jg dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan cara mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala, kemudian pijat lembut, dan biarkan selama 30 menit. 

Selanjutnya, kamu bersihkan rambut kamu menggunakan air bersih. Apabila anda juga memiliki masalah rambut rontok atau tipis, penggunaan minyak kemiri juga bisa sekaligus menghilangkan ketombe dan untuk menumbuhkan atau menyuburkan rambut sekaligus

3. Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis kaya akan vitamin C. Jadi wajar saja jika buah lemon atau jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut. Cara menghilangkan ketombe menggunakan lemon serupa dengan memakai jeruk nipis.

Dimana kamu hanya perlu mencampurkan perasan lemon/ jeruk nipis dengan sedikit air. Lalu mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air yang bersih.

4.Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki banyak sekali manfaat terhadap rambut. Diketahui berkhasiat menghaluskan, melembabkan dan menguatkan rambut. Tidak hanya itu, bahan alami ini juga bersifat anti fungi. Sehingga sangat baik dan efektif untuk menghilangkan ketombe dengan cepat dan tuntas.

Cara menghilangkan ketombe yang membandel dengan tea tree oil sangatlah mudah. Pertama, kamu masukkan tea tree oil sebanyak satu sendok makan lalu campur dengan secangkir air hangat. Selanjutnya, kamu semprotkan larutan tea tree oil pada kepala khususnya permukaan bagian kulit.

5. Baking Soda

Baking soda dapat menghilangkan ketombe secara alami. Caranya sangat mudah, kamu cukup campurkan baking soda dan air hangat sampai membentuk pasta lalu oleskan secara merata ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas.