Toturial Membuat Website Menggunakan WordPress

Saat ini bisnis online bukan lagi hal yang asing, orang mulai banyak mengenal bisnis online dan bahkan tidak sedikit yang sudah mulai menjalankan. Kedepannya bisnis online adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari bisnis otu sendiri apapun model bisnisnya nantinya semua akan online pada waktunya.

Bisnis online sendiri pada intinya adalah bisnis konvensional yang menggunakan media internet sebagai sarana pemasarannya, bahkan diantaranya sudah bukan sekedar promosi namun juga transaksinya dilakukan secara online, seperti contohnya Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, dan masih banyak lagi.

Namun untuk memulai sebuah bisnis online dibutuhkan berbagai pengetahuan dan kemampuan yang mendukung bisnis online itu sendiri, dan saat ini untuk mempelajarinya sudah sangat mudah. Anda dapat mempelajarinya sendiri secara otodidak atau dengan mengikuti pelatihan bisnis online yang banyak diadakan oleh para praktisi bisnis online diluarsana.

Namun salah satu komponen dasar dari bisnis online adalah memiliki website, karena website ini ibarat sebuah toko yang memajang barang-barang dagangan kita atau menawarkan layanan jasa kita.

Jika 5 sampai 10 tahun yang lalu membuat website harus memiliki kemampuan programming, saat ini siapapun bisa membuat website untuk dirinya atau perusahaannya sendiri. Dengan adanya sebuah aplikasi gratis yang bernama WordPress siapapun dapat membuat website dengan mudah.

Kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat website  dengan mudah dan instan, menggunakan aplikasi WordPress.

1. Harus memiliki domain dan Hosting

Tutorial yang saya ajarkan disini adalah membuat website menggunakan domain dan hosting, jika anda belum memiliki domain dan hosting anda bisa membelinya di beberapa provider berikut ini.

  • idcloudhost.com
  • Niagahoster.com
  • rumahweb.com

Jika anda masih awam dalam mengelola domain dan hosting, saran saya belilah domain dan hosting di satu provider yang sama. Karena dengan begitu domain anda akan secara otomatis di koneksikan dengan hosting yang anda beli.

2. Login Ke Area Cpanel

Setelah domain dan hosting anda terkoneksi dengan baik, anda dapat melakukan login kedalam cpanel (control panel) hosting. Biasanya alamatnya adalah namadomainanda.com/cpanel setelah itu anda akan mendapati tampilan area cpanel sebagai berikut.

Silahkan masukan username dan password cpanel anda kemudian tekan tombol Log in, dan anda akan di bawa ke halaman cpanel area

3. Cari Menu Softaculous

Saat ini setiap hosting memiliki menu softaculous, yaitu sebuah menu yang didalamnya terdapat berbagai macam apliasi website salah satunya adalah aplikasi Blog WordPress. Aplikasi WordPress ini sendiri adalah yang plaing banyak digunakan para pebisnis online karena penggunaannya yang simple dan flexibel.

Berikut ini adalah penampakan dari tampilan menu Softaculous.

Setelah menemukan menu softaculous silahkan klik pada logo WordPress.

Setelah itu silahkan klik tombol install, dan isi setiap form yang disediakan

Untuk panduan detilnya silahakan nonton Video tutorial berikut.